Selasa, 19 November 2013

PERBANDINGAN WEB PADA ORGANISASI PUBLIK DAN SWASTA SERTA KENDALANYA



TUGAS SIM
Tentang

PERBANDINGAN WEB PADA ORGANISASI PUBLIK DAN SWASTA SERTA KENDALANYA

Oleh :
RISMAN
1101758

Dosen Pembimbing
ALDRI FRINALDI, SH., MH





PRODI ILMU ADMINISTRASI NEGARAJURUSAN ILMU SOSIAL POLITIK
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2013











      KATA PENGANTAR

Assalamu,alaikum Wr.Wb
Alhamdulillah,puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan pada penulis ,sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah PERBANDINGAN WEB PADA ORGANISASI PUBLIK DAN SWASTA SERTA KENDALANYA ini sesuai aturan  yang telah ditentukan dosen yang bersangkutan.
Makalah ini tidak mungkin dapat diselesaikan tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada dosen yang bersangkutan selaku pengajar dalam mata kuliah SIM dan juga kepada teman-teman yang ikut membantu dalam penyelesaian makalah ini serta pihak-pihak lain.
Penulis menyadari bahwa masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan dalam pembuatan makalah ini,dikarenakan keterbatasan pengalaman. Oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritikan yang bersifat membangun agar penulis dapat membuat makalah yang lebih baik lagi dimasa yang akan mendatang. Akhir kata penulis mengharapkan makalah ini bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa khusunya pada masyarakat luas lainnya.

                                                                        Padang,  18 November 2013

                                                                                   Penulis







BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pada zaman era globalisasi sekarang, pembangunan website lembaga pemerintah memang suatu keharusan. Seperti diketahui, di zaman internet ini, kebutuhan informasi yang terdistribusi cepat sangat dibutuhkan masyarakat. Dengan informasi yang cepat ini, akan mengakibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dan melakukan action yang lebih segera. Dinamika masyarakat dalam berbagai bidang juga bergerak cepat.
Salah satu informasi penting yang dibutuhkan masyarakat adalah informasi mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah. Media massa telah menjadikan kebijakan-kebijakan pemerintah ini sebagai bahan berita utama. Namun, harus diakui, media massa memiliki keterbatasan dalam menyajikan informasi yang dikeluarkan pemerintah. Tidak semua hal terkait kebijakan pemerintah bisa dipublikasikan di media massa, terkait terbatasnya SDM, kepentingan tertentu, space, maupun pertimbangan bisnis.
Media massa memang bisa mempublikasikan informasi kebijakan pemerintah dalam waktu cepat. Namun, tidak bisa lengkap. Di sinilah peran penting dari website pemerintah: bisa menyajikan informasi tentang pemerintah lebih lengkap dan akurat, meski kecepatan publikasinya tidak secepat media massa/media online swasta. Website pemerintah otomatis akan menjadi media konfirmasi terhadap informasi-informasi yang sudah beredar ke publik terlebih dulu.
Di tingkat Pemerintah Pusat, pemerintah telah membentuk Departemen Komunikasi dan Informasi ( Depkominfo ) yang bertugas melaksanakan tersedianya sarana infratruktur komunikasi dan informasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat agar dapat diakses dan dibaca secara cepat oleh instansi atau institusi pemerintah yang berada di wilayah Republik Indonesia. Yang meliputi produk-produk hukum pemerintah, seperti : Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden, Instruksi Presiden, dan lain-lain. Selain itu juga berfungsi sebagai Departemen yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan informasi dan komunikasi di Negara Republik Indonesia dengan ketentuan hukum yang berlaku dan mengelola secara resmi website atau situs resmi Negara Indonesia.
Pada perkembangannya fungsi website diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai sumber informasi yang bersifat pasif, namun diharapkan bisa bersifat dinamis, sehingga fungsi dan peran website menjadi dua arah dan timbul efek timbal balik. Seperti telah di jelaskan dalam Instruksi Presiden No. 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, yang mana berangkat dari pemikiran tentang pertimbangan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam proses pemerintahan yang diyakini akan meningkatkan efesiensi, efekstifitas, transparansi serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Dengan terwujudnya website yang bersifat dinamis, diharapkan akan diperoleh aliran informasi yang optimal antara pemerintah-masyarakat dan sebaliknya, sehingga masyarakat akan terbangun rasa memiliki dan rasa kebutuhan akan website tersebut sebagai penyambung aspirasinya. Seiring dengan itu dengan adanya kemanfaatan website tersebut akan semakin meningkatkan efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan.

B.     Rumusan Masalah
1.      Penggunaan web pada organisasi publik
2.      Penggunaan web pada privat
3.      Keunggulan dan Kelebihan website








BAB II
PEMBAHASAN

A.    Web Pada Organisasi Publik
Proses komunikasi yang lancar menandakan bahwa terjalin suasana kondusif antara yang diperintah dan memerintah. Penggunaan jasa internet yang saat ini memberikan kemudahan bagi Pemerintah dan masyarakat untuk mengkomunikasikan kebijakan sertamemudahkan masyarakat untuk mengenal pemerintah tempat tinggalnya, terkait dengan kebijakan pemerintah pusat untuk mengembangkan proses e-government tentunya sangat cocok untuk mempraktekan pemerintahan yang berbasis teknologi komunikasi.
E-Government adalah e-government merupakan upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis (menggunakan) elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien. Melalui pengembangan e-government dilakukan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimasikan pemanfaatan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi tersebut mencakup dua aktivitas yang berkaitan yaitu :
1.      pengolahan data, pengelolaan informasi, sistem manajemen dan proses kerja secara elektronis;
2.      pemanfaatan kemajuan teknologi informasi agar pelayanan publik dapat diakses secara mudah dan murah oleh masyarakat di seluruh wilayah negara.

Tujuan Pengembangan E-Government
1.      Mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis (menggunakan)
2.      Elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien. Melalui pengembangan e-government dilakukan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan
2.   Mengoptimasikan pemanfaatan teknologi informasi.
3.    Untuk melaksanakan maksud tersebut pengembangan e-government diarahkan untuk mencapai 4 (empat) tujuan, yaitu :
a.   Pembentukan jaringan informasi dan transaksi pelayanan publik yang memiliki kualitas dan lingkup yang dapat memuaskan masyarakat luas serta dapat terjangkau di seluruh wilayah Indonesia pada setiap saat tidak dibatasi oleh sekat waktu dan dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat.
b.   P embentukan hubungan interaktif dengan dunia usaha untuk meningkatkan perkembangan perekonomian nasional dan memperkuat kemampuan menghadapi perubahan dan persaingan perdagangan internasional.
c.   Pembentukan mekanisme dan saluran komunikasi dengan lembaga-lembaga negara serta penyediaan fasilitas dialog publik bagi masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam perumusan kebijakan negara.
d.   Pembentukan sistem manajemen dan proses kerja yang transparan dan efisien serta memperlancar transaksi dan layanan antar lembaga pemerintah dan pemerintah daerah otonom.
Pada saat ini telah banyak instansi pemerintah pusat dan daerah berinisiatif mengembangkan pelayanan publik melalui jaringan komunikasi dan informasi. Namun kesimpulan yang diperoleh dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi, mayoritas situs pemerintah dan pemerintah daerah otonom berada pada tingkat pertama (persiapan), dan hanya sebagian kecil yang telah mencapai tingkat dua (pematangan). Sedangkan tingkat tiga (pemantapan) dan tingkat empat (pemanfaatan) belum tercapai. Observasi secara lebih mendalam menunjukkan bahwa inisiatif tersebut di atas belum menunjukan arah pembentukan e-government yang baik
Hal Penting dalam Website Pemerintah

1. Lengkap, Akurat, dan Cepat
Informasi yang disajikan lebih lengkap, lebih akurat, dan cepat. Kelengkapan dan keakuratan informasi di website pemerintah lebih penting dibanding kecepatan update. Ini yang membuat berbeda dari media massa swasta. Dengan tiga hal ini, maka website pemerintah akan lebih dibutuhkan masyarakat, termasuk wartawan dari media massa yang akan mempublikasikan kembali informasi di medianya masing-masing.
2. Menu dan Navigasi
Menu konten yang disajikan harus didefinisikan dari awal pembuatan website. Apa saja menu yang strategis perlu dijadikan sub kanal di homepage. Penentuan menu sangat tergantung dari tujuan website tersebut dibuat. Apakah lebih mengedepankan pelayanan masyarakat atau mengedepankan penyampaian informasi sebuah kebijakan, misalnya.
Website yang baik adalah yang memiliki navigasi yang mudah dimengerti oleh pembacanya. Begitu pembaca masuk ke website tersebut, dia akan dengan mudah mengetahui ke bagian mana dia akan berselancar.
3. Konten dan Penyajian
Konten atau isu apa yang akan disajikan. Ini harus diperhitungkan, karena menyangkut target pembaca yang akan dituju dan terkait dengan kebutuhan SDM. Penyajian konten juga diperhatikan, apakah menyajikan konten itu dengan tulisan layaknya berita atau menyajikannya secara utuh, dan sebagainya.
Konvergensi Di era  saat ini, informasi tidak hanya disajikan lewat teks. Tapi juga melalui foto dan video.
Apabila website pemerintah bisa menyajikan ketiga bentuk konten ini, maka itu akan lebih baik, harapan pembaca agar mengetahui permasalahan secara detil akan terwujud.
4. Pelayanan dan Interaksi
Di mana pun, lembaga pemerintah adalah lembaga pelayanan. Karena itu, di website pemerintah harus ada fasilitas pelayanan untuk masyarakat. Begitu juga dengan interaksi dengan pembaca/masyarakat. Website memungkinkan komunikasi yang terjalin dua arah. Bahkan, website pemerintah akan lebih strategis kalau bisa menjadikan interaksi dengan masyarakat lebih banyak.
5Search
Tidak setiap orang akan terus datang ke website pemerintah tiap hari. Masyarakat akan datang ke website pemerintah bila perlu. Karena itu, fasilitas 'search' sangat penting. Pembaca akan dengan mudah mencari informasi dengan mengetikkan kata kunci di fasilitas search.
6. Kecepatan Akses
Dukungan kecepatan akses untuk website pemerintah sangat penting. Arsitektur IT dalam pembangunan website pemerintah harus dibangun dari awal, termasuk dalam perencenaa penyediaan server danstorage, hosting, dan lain-lain.
7Mobile Platform
Website pemerintah akan lebih baik bila bisa diakses kapan pun dan di mana pun, dan menggunakan alat apa pun. Karena itu, website pemerintah harus pula dibuatkan platform mobile-nya, sehingga pembaca bisa mencari informasi melalui gadget berlayar kecil di mana pun. Ingat! Dalam beberapa tahun mendatang, pembaca internet akan lebih besar dari mobile.
8Share Social Media
Karakter pembaca media online saat ini tidak hanya membaca, tapi juga melakukan aktivitas lain: berdiskusi maupun ikut menyebarkan informasi. Karena social media menjadi kekuatan yang luar biasa, terutama Indonesia, penyebaran informasi melalui social media akan lebih efektif.
Keunggulan web pada organisasi publik yaitu:
1.  Masyarakat dapat mengakses berbagai informasi tentang pemerintahan. Baik informasi lokal maupun informasi nasional. Walau ada beberapa hal yang tidak dapat diakses oleh masyarakat.
2.   Memudahkan masyarakat yang ingin mengetahui berbagai informasi pelayanan yang ada di daerahnya.
3.  Web dapat menjadi sarana promosi terhadap potensi-potensi yang dimiliki daerah ataupun negara. Tentu diharapkan akan mendatangkan investor asing maupun WNA yang ingin mengunjungi daerah ataupun negara tersebut.
4.   Memudahkan warga negara yang berada di luar negeri untuk mengetahui informasi-informasi yang ada di daerah asalnya.

Kendala web pada organisasi publik yaitu:
1. Diperlukan biaya yang tinggi. Untuk menunjang web tersebut, pemerintahan memerlukan perlengkapan komputer yang harganya relatif mahal
2.    Tidak semua aparat pemerintahan yang mengerti dalam pengelolaan dan penggunaan web tersebut. Bahkan ada aparat pemerintahan yang belum mahir menggunakan perangkat komputer yang ada.
3.    Tidak seluruh masyarakat yang mengerti dan dapat mengakses informasi yang tersedia di dalam web.
4.   Adanya terjadi gangguan jaringan. Karena perhatian pemerintahan yang kurang terhadap hal-hal yang menunjang dari pengelolaan web itu sendiri. Sehingga data atau informasi sulit diperbaharui dan masyarakat sulit mengaksesnya.
              Kemudian dalam segi pelayanan, web ini sangat kurang karena tidak adanya komunikasi 2 arah, diantaranya dikarenakan tidak adanya proses komunikasi yang diharapkan mungkin kurangnya update dari pemerintah terkait serta kurangnya minat masyarakat untuk mengakses website ini. Pemberitaan yang lama membuat bosan dan kurang bobot dalam proses komunikasi. Setiap perubahan pasti ada ketidaksempurnaan, begitu juga dengan pemerintah, perubah-perubahan yang berjalan dengan baik merupakan upaya yang bagus, tetapi harus adanya perbaikan agar masyarakat lebih mengerti dan mengetahui pemimpinnya. Pemerintah harus selalu mengevaluasi dengan kondisi masyarakat yang seharusnya peduli terhadap wilayah tempat tinggalnya. 


  

B.     Web Pada Organisasi Swasta
Internet merupakan teknologi yang perkembangannya paling pesat saat ini. Orang dari berbagai kota besar dan kota kecil mudah sekali mengakses internet. Bahkan dengan akses internet yang disediakan oleh penyedia jasa telepon/telekomunikasi, orang-orang di pelosok telah bisa mengakses baik lewat komputer maupun lewat handphone maupun komputer tablet yang sekarang berkembang pesat. Bisa dipastikan hampir semua orang yang menggunakan smartphone telah menggunakan internet. Dengan demikian internet merupakan media yang bisa diakses semua orang.
Dengan tersedianya media yang bisa diakses semua orang, maka perusahaan yang ingin dikenal secara luas maupun perusahaan yang ingin menjaga hubungan dengan pelanggannya perlu membuat situs/website yang berisi informasi profil perusahaan maupun jasa/produk yang diberikan. Sehingga dengan adanya web sabagai sarana promosi, penjualan produk dan transaksinya maka dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan dari segi efisiensi dan efaktifitas.
Salah satu sistem informasi dalam perusahaan  disebut dengan e-commerce, adalah pengguna jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser web untuk membeli dan menjual produk. Perusahaan harus memahami peranan yang dimainkan oleh internet dan www dalam memberikan infrastruktur yang dibutuhkan bagi keberadaan e-commerce.
Layanan informasi memainkan peran penting dalam mengubah hubungan perusahaan dengan lingkungannya. Di masa lalu, konsumen bukan merupakan perhatian utama dari layanan informasi. Namun konsumen menjadi semakin penting artinya dan dan akan menjadi fokus utama bagi sebagian besar perusahaan di masa mendatang.
Terdapat dua bentuk e-commerce yaitu:
1.      e-commerce bisnis-ke-konsumen (business-to-consumer—B2C) mengacu pada
transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen. Konsumen tidak memiliki keahlian dalam bidang teknologi informasi, sehingga situs web harus memberikan instruksi dan bantuan.
2.      e-commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-business—B2B) mengacu kepada
transaksi antarbisnis. Transaksi B2B melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit, biasanya mereka yang berada di dalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang terpengaruh. Orang-orang yang terlibat di dalam transaksi B2B biasanya sangat terlatih dalam penggunaan sistem informasi dan mengenal proses bisnis yang terpengaruh oleh transaksi tersebut.
Web pada organanisasi swasta (perusahaan) akan menampilkan informasi-informasi yang berkaitan dengan perusahaannya. Dimana informasi tersebut dapat berupa profil dari perusahaan ataupun promosi atau penawaran-penawaran terhadap produk yang ditawarkan perusahaan tersebut. Untuk menarik perhatian pengunjung, perusahaan akan memilih kata-kata yang dapat dengan mudah diakses oleh para pengunjung.

 Manfaat dari website bagi perusahaan adalah

a. Meningkatkan visibilitas/kehadiran perusahaan
Dengan membuat website perusahaan berarti menambah visibilitas/kehadiran perusahaan. Bisa diibaratkan perusahaan membuka showroom (ruang pamer) yang baru.
b. Menyediakan informasi profil perusahaan secara detail
Pada saat suatu perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain yang baru dikenalnya (misal baru saja menerima penawaran), mungkin dia akan mencari tahu lebih mengenai profil perusahaan yang baru saja memberikan penawaran. Perusahaan ini harus mengetahui profil dari perusahaan lain yang mungkin akan menjadi rekanan perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut dapat mencari informasi lebih dalam dalam website perusahaan rekanan.
c.  Mengkomunikasikan produk dan jasa perusahaan secara mendetail
Dalam proses pemasaran, mungkin kita melakukan iklan di koran/majalah, iklan pada sebuah papan reklame, atau membuat brosur. Tempat/space yang disediakan dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur pasti dibatasi dan tidak mudah untuk diubah informasinya.

Sedangkan dalam website kita dengan mudah menambah informasi yang lebih mendetail dari produk-produk atau jasa-jasa yang kita tawarkan.  Jika perusahaan kita memiliki website maka kita hanya perlu meninggalkan alamat website/situs kita di dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur untuk memudahkan orang atau perusahaan mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk atau jasa yang kita ditawarkan.
d.  Mengingatkan calon pelanggan yang lupa
Dalam proses pemasaran, calon pelanggan menerima informasi mengenai perusahaan dan jasa kita yang mungkin didapat melalui presentasi, melihat brosure, browsing atau melihat iklan. Calon pelanggan mungkin kehilangan kartu nama perusahaan kita dan saat membutuhkan jasa kita dia akan mencari di internet(search engine) dan melakukan pencarian dengan keyword nama perusahaan kita. Jika kita sudah memiliki perusahaan, maka calon pelanggan akan dengan mudah menemukan website kita dan kemudian menghubungi kita dan kita dapat menjual jasa/produk kita.
e.  Memudahkan pelanggan menghubungi kita
Seperti kasus sebelumnya, pelanggan mungkin kehilangan kartu nama atau nomor telepon perusahaan kita. Pelanggan tentu mengingat nama perusahaan kita, kemudian melakukan pencarian di internet , mencari perusahaan kita, menemukan dan menghubungi kita kembali.
f.  Meningkatkan kualitas layanan pelanggan
Dalam website kita dengan mudah menambahkan informasi-informasi yang terkait dengan produk atau jasa kita. Kita dapat menambahkan informasi mengenai hal-hal yang memecahkan persoalan yang mungkin dihadapi pelanggan. Informasi ini dapat langsung dibaca pelanggan atau sebagai pedoman bagi bagian support. Dengan demikian pelanggan mudah mendapatkan informasi mengenai keluhannya dan bagian support juga dipermudah dalam melayani pelanggannya.
Pelanggan dapat mencari sendiri mengenai jawaban atas keluhannya atau mengisi form support jika gagal menemukan. Setelah form support lengkap diisi, team support akan menrima keluhan pelanggan dan menindaklanjuti.  Pelanggan dapat masuk ke website kita siang ataupun malam. Dengan cara ini pelanggan dapat dilayani 24x7 atau 24 jam sehari. 
g.  Meningkatkan kredibilitas perusahaan
Perusahaan yang memiliki website akan terkesan maju dan modern. Dengan demikian maka kredibilitas perusahaan akan meningkat. Selain manfaat yang terdapat di atas terdapat pula manfaat lain dari adanya website pada organisasi swata ini, yaitu
1. Memperluas jangkauan promosi, dengan memiliki website maka produk kita lebih  banyak dikenal masyarakat, bahkan sampai ke manca negera. Produk yang bisa ditawarkan melalui website bisa berupa produk barang maupun jasa. Dengan luasnya promosi maka otomatis akan meningkatkan penjualan perusahaan kita.
2.  Media tanpa batas, internet adalah media informasi yang tanpa batas. Dengan memiliki website berarti kita sama saja memiliki karyawan yang mempromosikan produk kita selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa dibayar. Artinya website kita akan memberikan informasi kepada calon pembeli selama 24 jam non stop.
3.  Internet bisa diakses oleh seluruh lapiran masyarakat di antero jagat (Unlimited User Access).
4.  Promosi terluas, internet adalah media promosi terluas jika dilihat dari kacamata jangkauan atau cakupan area (Uunlimited Scopt of Areas).
5.  Media pengenalan perusahaan. Jika kita baru saja mendirikan perusahaan atau baru saja meluncurkan sebuah produk, maka websitelah solusinya. Kenapa bisa demikian? Dengan adanya website kita lebih cepat mengenalkan perusahaan kita dan lebih mendekatkan perusahaan ke pelanggan. Hal ini disebabkan pelanggan internal maupuan eksternal bisa menggali lebih dalam tentang sejarah perusahaan, jasa atau produk yang di tawarkan, bahkan informasi lowongan kerja dan detail informasi perusahaan.
6.  Sebagai media promosi, Internet merupakan salah satu media promosi yang menarkan biaya yang relatif efisien dikaitkan dengan jangkauan area dengan optimalisasi manfaat terbesar.





BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Bagi setiap organisasi pada era globalisasi saat ini penguasaan IT itu sangat penting baik bagi organisasi pemerintah maupun organisasi swasta. Penggunaan web pada organisasi pemerintah dan swasta sangat memberikan manfaat bagi masyarakat sebagai penerima layanan dan sebagai konsumen. Dimana didalam web tersebut pihak-pihak organisasi dapat memberikan pelayanan, berbagi informasi dan berita terbaru yang dibutuhkan oleh masyarakat
Bila penerapan sistem informasi manajemen pada organisasi public tepat, maka kinerja individu dan kinerja organisasi tinggi, sehingga kepercayaan masyarakat kepada setiap organisasi public tersebut akan meningkat dan secara keseluruhan meningkatkan kepercayaannya kepada pemerintah.
Perbandingan web pada organisasi publik dengan organisasi swasta yaitu terdapat perbedaan yang dapat dilihat dari manfaat ataupun keunggulan yang diharapkan pada setiap organisasi tersebut. Kendala yang dihadapi pun  berbeda. Dimana kendala tersebut berkaitan dengan informasi yang disajikan oleh masing-masing organisasi dan tingkat organisasi. Semakin besar suatu organisasi maka semakin kompleks sistem yang digunakan.

B.     Saran
Dalam pembuatan makalah  ini masih banyak terdapat kekurangan - kekurangan baik dalam penulisan maupun isi dalam makalah ini. Hal ini disebabkan karena keterbatasan pengalaman dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu kami mohon ma’af atas segala kekurangan dan kesalahan yang terdapat dalam makalah ini. Penulis mengharapkan kritik dan sarannya dari kita semua baik dalam penulisan makalah ini maupun informasinya agar pendidikan dinegara kita ini lebih baik dan bermutu dan tentu saja tidak terlepas dari peran kita semua sebagai generasi penerus yang akan membangun negara ini.



REFERENSI

Tata Sutabri. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Yogkakarta : C. V ANDI

McLead, Raymond dan George P. Schell.2001.Sistem Informasi Manajemen. Jakarta:Salemba Empat


Davis. Gordon, Kerangka Dasar SISTEM INFORMASI MANAJEMEN bagian 1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar